kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO rilis penyelidikan asal usul virus corona penyebab Covid-19, ada 4 kemungkinan


Selasa, 30 Maret 2021 / 07:04 WIB
WHO rilis penyelidikan asal usul virus corona penyebab Covid-19, ada 4 kemungkinan
ILUSTRASI. WHO rilis penyelidikan asal usul virus corona penyebab Covid-19, ada 4 kemungkinan. REUTERS/Pilar Olivares


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Genewa. Investigasi tentang asal usul virus corona penyebab Covid-19 yang dilakukan tim gabungan WHO-China membuahkan hasil. Namun, temuan asal usul virus corona penyebab Covid-19 tersebut masih berupa sejumlah kemungkinan.

Sebuah studi gabungan WHO-China yang menyelidiki tentang asal-usul virus corona Covid-19 mengatakan bahwa penularan virus dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain adalah skenario yang paling mungkin. Hal itu terungkap dalam sebuah salinan draf yang diperoleh oleh The Associated Press, seperti diberitakan Senin (29/3/2021).

Laporan yang diharapkan akan dipublikasikan pada Selasa, saat ini sedang diawasi dengan ketat karena menemukan asal-usul virus dapat membantu para ilmuwan mencegah pandemi di masa depan.

China menolak

Namun di sisi lain, laporan itu juga sangat sensitif karena China menolak setiap saran bahwa menjadi pihak harus disalahkan atas pandemi yang terjadi saat ini. Penundaan berulang dalam rilis laporan tersebut telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah pihak China mencoba untuk memutarbalikkan kesimpulannya.

"Kami sangat prihatin tentang metodologi dan proses yang masuk ke dalam laporan itu, termasuk fakta bahwa pemerintah di Beijing tampaknya membantu menulisnya," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam wawancara CNN baru-baru ini.

“AS telah berbicara tentang laporan itu. Dengan melakukan ini, bukankah AS mencoba untuk memberikan tekanan politik pada anggota kelompok ahli WHO? " tanya juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian.

Baca juga: Kasus Covid-19 baru di Amerika melonjak selama dua minggu berturut-turut

Laporan investigasi asal usul virus

Laporan itu sebagian besar didasarkan pada kunjungan tim ahli internasional WHO ke Wuhan, kota di China tempat Covid-19 pertama kali terdeteksi, dari pertengahan Januari hingga pertengahan Februari 2020. Dalam draf yang didapat AP tersebut, peneliti membuat daftar empat skenario sesuai urutan kemungkinan asal usul virus corona bernama SARS-CoV-2.




TERBARU

[X]
×