kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taliban mengancam tidak akan berpartisipasi dalam pembicaraan damai untuk Afghanistan


Jumat, 16 April 2021 / 00:05 WIB
Taliban mengancam tidak akan berpartisipasi dalam pembicaraan damai untuk Afghanistan

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KABUL. Taliban pada Rabu mengatakan mereka tidak akan lagi berpartisipasi dalam pembicaraan damai untuk Afghanistan sampai semua pasukan yang dipimpin AS menarik diri dari negara itu. Apalagi di tengah laporan bahwa Presiden Joe Biden diperkirakan akan menunda tenggat waktu 1 Mei selama empat bulan.

"Ini adalah sikap kami: sampai semua pasukan asing benar-benar menarik diri dari tanah air kami, Imarah Islam (nama pemerintah Taliban) tidak akan berpartisipasi dalam konferensi apa pun yang akan membuat keputusan tentang Afghanistan," kata juru bicara Taliban Mohammad Naeem kepada Arab News pada hari Rabu.

Menurut rencana yang diungkapkan oleh pejabat AS pada hari Selasa, Biden diperkirakan akan menarik pasukan yang tersisa pada 11 September, bertepatan dengan peringatan ke-20 serangan teroris yang memicu konflik terpanjang di Washington dalam sejarah. 

Sejak menjabat, Biden mengatakan dia akan meninjau perjanjian Qatar, mengatakan dalam beberapa pekan terakhir bahwa akan menjadi "langkah sulit" untuk mematuhi tenggat waktu 1 Mei.

Sesuai perjanjian, Taliban menghentikan serangan terhadap pasukan pimpinan AS tetapi meningkatkan serangan terhadap pasukan pemerintah Afghanistan yang mengandalkan AS untuk dukungan udara dan intelijen, serta sumber daya keuangan dan logistik.

Baca Juga: Segera tarik pasukan dari Afghanistan, Biden: Saatnya untuk mengakhiri perang!

Taliban juga telah memperingatkan Washington tentang konsekuensi jika memutuskan untuk memperpanjang batas waktu penarikan.

Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah Presiden Ashraf Ghani mendesak Biden untuk menarik pasukan berdasarkan perjanjian berdasarkan kondisi, tetapi tidak sebelum Taliban menyetujui gencatan senjata.

Juru bicara Ghani tidak dapat dimintai komentar ketika dihubungi oleh Arab News pada hari Rabu.

Namun, Waheed Omar, penasihat Ghani, men-tweet pada hari Rabu bahwa Biden diperkirakan akan berbicara dengan presiden Afghanistan "dalam waktu dekat untuk secara resmi berbagi rincian rencana penarikan baru."

Dia menambahkan: "Sampai saat itu, kami tidak akan mengomentari detailnya."

Dalam tweet lain, dia berkata: “Kami akan menghormati setiap keputusan yang diambil oleh pemerintah AS sehubungan dengan pasukan mereka. ANSDF (Pasukan Pertahanan Keamanan Nasional Afghanistan) telah membela orang-orang kami dengan semangat tinggi selama dua tahun terakhir dan baru-baru ini melakukan hampir 98 persen operasi secara mandiri. ”

Selanjutnya: Biden akan menarik pasukan AS dari Afghanistan pada 11 September 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×