kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rombongan kapal perang China dan Rusia besama-sama melalui Selat Jepang


Rabu, 20 Oktober 2021 / 05:40 WIB
Rombongan kapal perang China dan Rusia besama-sama melalui Selat Jepang

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Sebanyak 10 kapal angkatan laut China dan Rusia berlayar melalui selat yang memisahkan pulau utama Jepang dan pulau utara Hokkaido pada Senin, kata pemerintah Jepang, seraya menambahkan bahwa mereka mengawasi dengan cermat kegiatan semacam itu.

Melansir Reuters, Selasa (19/10), ini merupakan pertama kalinya Jepang mengkonfirmasi lewatnya kapal angkatan laut China dan Rusia yang berlayar bersama melalui Selat Tsugaru, yang memisahkan Laut Jepang dari Pasifik.

Sementara selat itu dianggap sebagai perairan internasional, hubungan Jepang dengan China telah lama terganggu oleh klaim yang saling bertentangan atas sekelompok pulau kecil di Laut China Timur.

Baca Juga: Kapal perang AS dan Kanada kembali melalui Selat Taiwan, ini reaksi militer China

Tokyo juga memiliki sengketa wilayah dengan Moskow.

"Pemerintah mengamati dengan cermat aktivitas kapal angkatan laut China dan Rusia di sekitar Jepang seperti ini dengan minat yang tinggi," kata Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihiko Isozaki dalam konferensi pers reguler pada hari Selasa.

"Kami akan terus melakukan yang terbaik dalam kegiatan pengawasan kami di perairan dan wilayah udara di sekitar Jepang."

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan tidak ada pelanggaran terhadap perairan teritorial Jepang dan tidak ada aturan internasional yang dilanggar oleh lewatnya kapal-kapal tersebut.

Baca Juga: Kekurangan kapal pendarat amfibi, China terjunkan kapal sipil dalam latihan militer

Rusia dan China mengadakan latihan angkatan laut bersama di Laut Jepang sebagai bagian dari kerja sama angkatan laut antara kedua negara mulai 14-17 Oktober yang melibatkan kapal perang dan kapal pendukung dari Armada Pasifik Rusia.

Moskow dan Beijing telah mengembangkan hubungan militer dan diplomatik yang lebih dekat dalam beberapa tahun terakhir pada saat hubungan mereka dengan Barat memburuk.

Selanjutnya: Kapal perusak AS dekati perbatasan, kapal perang Rusia beri peringatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×