kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laut Hitam memanas, Rusia awasi pergerakan kapal perang Inggris dan Prancis


Senin, 17 Mei 2021 / 19:45 WIB
Laut Hitam memanas, Rusia awasi pergerakan kapal perang Inggris dan Prancis

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Armada Laut Hitam Rusia melacak kapal patroli HMS Trent Angkatan Laut Inggris, Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Kementerian Pertahanan Rusia (NDMC) mengatakan pada Minggu (16 Mei).

"Pasukan dan sarana Armada Laut Hitam mulai melacak aktivitas kapal patroli Trent Angkatan Laut Inggris, yang memasuki perairan Laut Hitam pada 16 Mei," kata NDMC dalam pernyataan, seperti dikutip TASS.

Pada 11 Mei, NDMC mengungkapkan, Armada Laut Hitam Rusia juga mengawasi kapal patroli Commandant Birot Angkatan Laut Prancis, yang telah berlayar ke Laut Hitam.

Sebelumnya, kapal Penjaga Pantai AS jenis cutter kelas Legenda USCGC Hamilton transit ke Laut Hitam untuk mendukung sekutu dan mitra NATO pada 27 April 2021.

Baca Juga: 1 Jet tempur Rusia cegat 3 pesawat militer Prancis, begini kronologinya

Hamilton adalah US Coast Guard Cutter pertama yang mengunjungi Laut Hitam sejak 2008. Kapal jenis ini yang terakhir mengunjungi Laut Hitam adalah USCGC Dallas berlayar ke Laut Hitam dua kali, pada 1995 dan 2008.

"Penjaga Pantai AS sedang melakukan penempatan rutin di Armada Keenam Angkatan Laut AS, bekerja bersama sekutu, membangun kesadaran domain maritim, dan berbagi praktik terbaik dengan Angkatan Laut dan Penjaga Pantai negara mitra," kata Angkatan Laut AS di laman resminya, 27 April lalu.

"Angkatan Laut dan Penjaga Pantai AS beroperasi di depan, dari pesisir ke laut terbuka, memastikan stabilitas dan jalur laut terbuka di semua domain maritim. Armada Keenam Angkatan Laut AS secara rutin melakukan operasi di Laut Hitam," ujar Angkatan Laut AS.

Ketika itu, Rusia langsung merespons kehadiran USCGC Hamilton. Armada Laut Hitam Rusia memantau tindakan US Coast Guard Cutte itu yang memasuki Laut Hitam.

Kementerian Luar Negeri Rusia berulang kali menyatakan, kehadiran militer dari kekuatan non-regional di Laut Hitam tidak memfasilitasi stabilitas regional.

Selanjutnya: Pertama sejak 2008 kapal Penjaga Pantai AS berlayar ke Laut Hitam, Rusia pantau ketat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×