kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,20   6,85   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia & Malaysia sepakat, PBB harus desak Israel hentikan serangan di Gaza


Senin, 17 Mei 2021 / 11:15 WIB
Indonesia & Malaysia sepakat, PBB harus desak Israel hentikan serangan di Gaza

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Kuala Lumpur. Desakan terhadap PBB agar menyerukan penghentian serangan Israel di Gaza. Pasalnya, Perang di Gaza antara Israel dengan militan Palestina menimbulkan ratusan korban jiwa warga.

Malaysia dan Indonesia pada Sabtu (15/5/2021) menyerukan Dewan Keamanan PBB untuk melakukan intervensi dan menghentikan serangan Israel ke Gaza.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan bahwa dalam percakapan telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, kedua pemimpin itu sepakat bahwa "aksi tercela" Israel harus segera dihentikan. "Kami memiliki pandangan yang sama bahwa masyarakat internasional, terutama Dewan Keamanan PBB, harus bertindak cepat untuk menghentikan segala bentuk kekerasan yang dilakukan oleh Israel, dan menyelamatkan nyawa warga Palestina," kata Muhyiddin dalam pidato yang disiarkan televisi.

"Hingga saat ini, Dewan Keamanan PBB belum mengeluarkan pernyataan apapun tentang situasi terkini di Palestina karena adanya tentangan dari Amerika Serikat," katanya.

Malaysia telah lama menjadi pendukung setia perjuangan Palestina, mendorong solusi dua negara berdasarkan perbatasan sejak awal 1967. Dewan Keamanan akan secara terbuka membahas kekerasan yang memburuk pada Minggu (16/5/2021), kata para diplomat pekan ini.

Baca juga: Perang di Gaza, serangan udara Israel tewaskan 42 warga Palestina

Dewan beranggotakan 15 orang itu telah bertemu secara tertutup pekan ini tentang konflik terburuk di kawasan itu dalam beberapa tahun, tetapi sejauh ini belum menyepakati suatu pernyataan publik, kata para diplomat.

Israel menghantam Gaza dengan serangan udara dan militan Palestina melancarkan serangan roket ke Israel pada hari Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Indonesia meminta negara anggota OKI bersatu dukung kemerdekaan Palestina

Pejabat medis Palestina mengatakan setidaknya 136 orang, termasuk 34 anak-anak dan 21 perempuan, telah tewas di Gaza sejak pertempuran pecah pada hari Senin lalu. Israel telah melaporkan delapan orang tewas, termasuk seorang tentara di perbatasan Gaza dan enam warga sipil, dua di antaranya anak-anak.

Di Tepi Barat, Palestina melaporkan 11 tewas setelah para demonstran dan pasukan Israel bentrok.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Malaysia dan Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Hentikan Serangan Israel",

Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Selanjutnya: Jokowi, Sultan Brunei dan PM Malaysia mengutuk agresi Israel ke wilayah Palestina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×