kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Denuklirisasi di Semenanjung Korea, Xi Jinping dukung inisiatif Korea Selatan


Rabu, 27 Januari 2021 / 18:00 WIB
Denuklirisasi di Semenanjung Korea, Xi Jinping dukung inisiatif Korea Selatan

Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Presiden China Xi Jinping menyatakan dukungan atas inisiatif Korea Selatan untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea. Ia menyebut, upaya itu sejalan dengan kepentingan bersama China dan Korea Selatan.

Menurut Cheong Wa Dae atau Kantor Kepresidenan Korea Selatan, Xi menyampaikan dukungan tersebut selama pembicaraan telepon dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Selasa (26/1).

Xi mengatakan, China menyambut baik peran Korea Selatan untuk "resolusi politik" bagi masalah Korea Utara. Ia juga menggambarkan situasi di Semenanjung Korea "secara umum stabil".

Dalam pembicaraan dengan Xi, Moon berharap, Korea Selatan dan China bisa bekerjasama untuk membuka pertemuan puncak trilateral antara kedua negara bersama dengan Jepang. 

Baca Juga: Xi Jinping: Komunitas internasional harus diatur konsensus bersama, bukan satu negara

"Presiden Xi menjawab dengan mengatakan, China akan memperkuat kerjasama dengan Korea Selatan untuk menggelar konferensi tingkat tinggi secepatnya," kata Cheong Wa Dae, Rabu (17/1), seperti dikutip Yonhap.

Seoul rencananya menjadi tuan rumah KTT tahunan, yang berlangsung secara bergiliran di tiga negara, pada tahun lalu. Tetapi, batal terlaksana karena pandemi virus corona baru.

Pengendalian virus corona

Xi dan Moon juga sepakat, kerjasama bilateral dalam pengendalian virus corona ternyata efektif. Dan, Xi mendukung visi Moon untuk menciptakan badan kerjasama Asia Timur Laut untuk kesehatan masyarakat.

Xi juga menyatakan harapan, program vaksinasi di Korea Selatan yang akan bergulir mulai bulan depan bisa memainkan peran kunci dalam perang global melawan pandemi.

Cheong Wa Dae menambahkan, setelah pembicaraan melalui telepon, Xi mengungkapkan keinginannya untuk melakukan kunjungan ke Korea Selatan, segera setelah situasinya memungkinkan.

Selanjutnya: Senjata paling kuat di dunia, Korea Utara rilis rudal balistik kapal selam baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×