kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkat Kartu Prakerja seorang satpam naik jabatan, begini kisahnya


Selasa, 26 Oktober 2021 / 04:50 WIB
Berkat Kartu Prakerja seorang satpam naik jabatan, begini kisahnya

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini kisah seorang satpam yang mendapatkan promosi berkat Kartu Prakerja. Awalnya, kabar buruk diterima Stevenly Rio Loginsi pada awal 2020. Rio yang ketika itu bekerja sebagai petugas satuan pengamanan (satpam) menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Perusahaan yang menaunginya tak sanggup lagi menjalankan roda bisnisnya akibat hantaman pandemi Covid-19 yang mulai melanda Indonesia sekitar Maret 2020. 

Setelah sekitar tiga bulan kerja serabutan, Rio mendapat informasi mengenai program Kartu Prakerja yang ditawarkan pemerintah. Ia pun mendaftar. 

Pada awalnya, Rio memilih mengambil jenis pelatihan yang dapat memudahkannya berwirausaha. Pasalnya, ia khawatir usianya yang sudah menginjak 41 tahun akan membuatnya kesulitan mendapatkan kerja. 

Setelah beberapa bulan menyelesaikan pelatihan dan meraih sertifikat, ia mendapat kabar sebuah perusahaan operator seluler membuka lowongan pekerjaan. 

Baca Juga: Gelombang 22 Kartu Prakerja dibuka, begini cara buat akun di prakerja.go.id

“Saya iseng-iseng daftar, turut sertakan sertifikat yang dari Kartu Prakerja,” kata Rio seperti dikutip dari laman presidenri.go.id. 

Tak disangka, Rio dipanggil oleh perusahaan tersebut. Ia diwawancarai langsung oleh general manager perusahaan dan langsung ditawarkan untuk bekerja di bagian pemasangan poster produk-produk perusahaan. 

Rio mengatakan, perusahaan percaya menerimanya lantaran ia memiliki sertifikat dari program Kartu Prakerja. 

Buah dari ikhtiar Rio tidak berhenti sampai di situ. Setelah tiga bulan bekerja di posisi yang semula ditawarkan, ia mendapat kepercayaan naik jabatan menjadi seorang supervisor. 

Baca Juga: Ayo daftar! Ini cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 dan persyaratannya

Kisah Rio merupakan satu dari sekian banyak kisah sukses program Kartu Prakerja. JEO Kompas.com telah merangkum perjalanan Kartu Prakerja, mulai dari awal dicetuskannya, misi mulia di baliknya, kritik dan polemik yang timbul, hingga pencapaiannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Satpam Naik Jabatan Jadi Supervisor Berkat Kartu Prakerja"
Penulis : Fabian Januarius Kuwado
Editor : Erlangga Djumena

Selanjutnya: Daftar di www.prakerja.go.id, Prakerja gelombang 22 baru dibuka Senin (25/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×