kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wow, Petronas Carigali temukan cadangan minyak di kawasan Madura


Kamis, 25 Februari 2021 / 06:40 WIB
Wow, Petronas Carigali temukan cadangan minyak di kawasan Madura

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kabar gembira muncul dari pengeboran sumur Eksplorasi Hidayah-1 yang dilakukan Petronas Carigali North Madura II Ltd  yang berada di Wilayah Kerja North Madura II. Kegiatan pengeboran yang mulai dilakukan pada 7 Januari 2021 itu ditengarai berhasil menemukan cadangan minyak.

Pengeboran sumur Hidayah-1 merupakan salah satu dari kegiatan komitmen pasti Wilayah Kerja (WK) North Madura II. Target kegiatan adalah menyentuh Formasi Ngimbang Carbonate dengan besaran sumber daya inplace sebesar 158 juta barel minyak (MMBO). Pada kegiatan pengeboran ini, kedalaman keseluruhan sumur Hidayah-1 mencapai 2.739 meter.

Setelah kegiatan pemboran berjalan 57 hari, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Petronas Carigali North Madura II Ltd. melakukan 1 interval drill steam test (DST) untuk mengetahui laju alir serta data reservoir pada Formasi Ngimbang dan berhasil menemukan hidrokarbon berupa minyak dengan lajur alir awal 2.100 barel minyak per hari (BOPD).

“Saat ini kami masih melakukan analisa akhir untuk menentukan jumlah sumberdaya, tetapi ini adalah temuan yang sangat menggembirakan setelah sebagian besar temuan kami berupa gas,” ujar Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee A. Suardin dalam siaran pers di situs SKK Migas seperti dikutip Kontan.co.id, Rabu (24/2).

Jaffee menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang terlibat pada kegiatan penemuan potensi hidrokarbon di wilayah kerja tersebut.

Baca Juga: Pertamina pastikan pencarian partner strategis Blok Rokan masih berlangsung

“Selamat atas kerja keras seluruh tim di SKK Migas dan Petronas Carigali North Madura II Ltd. yang terlibat pada pengeboran sumur eksplorasi Hidayah-1. Keberhasilan ini tidak saja menggembirakan, melainkan juga akan memotivasi insan hulu migas untuk lebih bersemangat menemukan potensi migas di berbagai wilayah kerja di Indonesia,” ungkap dia.

Penemuan ini akan menjadi pondasi yang kokoh bagi upaya penemuan lainnya yang dilakukan bersama pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama mewujudkan visi produksi 1 juta barel minyak dan 12 BSCFD gas di tahun 2030 mendatang.

SKK Migas juga menyampaikan apresiasi dan dukungan dari pemerintah daerah dan berbagai pihak sehingga program pengeboran sumur eksplorasi dapat dilaksanakan dengan baik. “Penemuan ini tentunya ke depannya akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat setelah potensi minyak tersebut dapat diproduksi,” imbuh Jaffee.

Dia menambahkan, penemuan ini menjadi salah satu wujud komitmen SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam melaksanakan program kerja 2021 yang masif dan agresif melebihi apa yang telah dilakukan di 2020.

Capaian yang menggembirakan di awal tahun 2021 tidak lepas dari koordinasi yang dilakukan sejak September 2020 melalui forum CEO, International Oil and Gas Convention di awal Desember 2020, dan kegiatan pada malam pergantian tahun 2021 dengan dilakukannya tajak sumur perdana 2021.

Selanjutnya: Pertamina EP tingkatkan produksi minyak sumur ABG-008 menjadi 1.580 barel per hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×