kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Putus asa soal vaksin Covid-19, ini yang dilakukan Korea Utara


Senin, 16 November 2020 / 15:08 WIB
Putus asa soal vaksin Covid-19, ini yang dilakukan Korea Utara

Sumber: Express.co.uk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Peretas Korea Utara (Korut) telah menargetkan tim peneliti virus  corona dalam upaya putus asa untuk mencuri informasi tentang vaksin dan perawatan potensial. Hal itu diungkapkan oleh bos Microsoft

Melansir Express.co.uk, perusahaan raksasa teknologi itu mengatakan peretas telah mencoba mengakses jaringan lebih dari selusin organisasi di seluruh dunia. Tim Korea Utara - dijuluki "Zinc" dan "Cerium" oleh Microsoft - telah terlibat dalam upaya baru-baru ini untuk masuk ke jaringan tujuh perusahaan farmasi dan peneliti vaksin di Kanada, Prancis, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Perusahaan perangkat lunak tersebut mengatakan sebuah kelompok peretas Rusia yang biasa dijuluki "Beruang Mewah" juga terlibat.

Microsoft mengatakan mayoritas targetnya adalah organisasi yang sedang dalam proses menguji vaksin Covid-19.

Baca Juga: Kim Jong Un tak muncul ke publik selama 23 hari, ada apa?

Dikatakan sebagian besar upaya pembobolan gagal, tetapi ada juga yang berhasil meski jumlahnya tidak ditentukan.

Express.co.uk memberitakan, Microsoft menolak menyebutkan organisasi yang menjadi target para peretas atau mengatakan organisasi mana yang berhasil diserang.

Eksekutif Microsoft Tom Burt berkata: "Kami pikir serangan ini tidak masuk akal dan harus dikutuk oleh semua masyarakat yang beradab. Kami berbagi lebih banyak tentang serangan yang baru-baru ini kami lihat dan mendesak pemerintah untuk bertindak."

Baca Juga: Korea Utara klaim telah jalankan sistem data maritim berbasis satelit

Dia menambahkan, "Pada saat dunia bersatu dalam menginginkan diakhirinya pandemi dan dengan cemas menunggu pengembangan vaksin yang aman dan efektif untuk Covid-19, penting bagi para pemimpin dunia untuk bersatu demi keamanan institusi perawatan kesehatan kita dan menegakkan hukum terhadap serangan dunia maya yang menargetkan mereka yang berusaha membantu kita semua. "



TERBARU

×