kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan ekonomi Jepang kontraksi 4,8% sepanjang 2020


Senin, 15 Februari 2021 / 14:00 WIB
Pertumbuhan ekonomi Jepang kontraksi 4,8% sepanjang 2020

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Pertumbuhan ekonomi Jepang pada tahun 2020 kontraksi 4,8%. Ini juga menandai penurunan ekonomi tahunan pertama Jepang sejak tahun 2009 silam. 

Realisasi pertumbuhan ekonomi negatif Jepang di tahun lalu tersebut terjadi setelah pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2020 melambat. Hal ini menandakan, rumah tangga dan perusahaan belum sepenuhnya melepaskan pukulan ekonomi dari pandemi, meskipun laju pertumbuhan lebih kuat dari yang diharapkan.

Data tersebut menggarisbawahi tantangan yang dihadapi pembuat kebijakan dalam menjaga ekonomi tetap bertahan di tengah langkah-langkah darurat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Asal tahu saja, pertumbuhan ekonomi Jepang pada periode Oktober-Desember capai 12,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Senin (15/2), data Kantor Kabinet menunjukkan, menandai kenaikan kuartal kedua berturut-turut dan melebihi perkiraan pasar rata-rata untuk kenaikan 9,5%.

Itu adalah perlambatan dari lonjakan 22,7% yang direvisi pada kuartal sebelumnya, ketika ekonomi mendapat dorongan dari permintaan yang terpendam setelah keadaan darurat sebelumnya dicabut pada Mei.

Baca Juga: Gempa 7,3 SR Jepang ingatkan lagi kenangan akan tsunami 2011 yang mematikan

Sebuah rebound global dalam aktivitas manufaktur memberi ekspor dorongan yang sangat dibutuhkan, menutupi beberapa kelemahan dalam permintaan domestik, data menunjukkan.

Permintaan eksternal, atau ekspor dikurangi impor, menambahkan 1,0% poin ke pertumbuhan PDB kuartal keempat, sesuai dengan perkiraan pasar median.

Konsumsi swasta, yang membentuk lebih dari setengah ekonomi Jepang, naik 2,2% setelah kenaikan 5,1% di kuartal sebelumnya. Itu dibandingkan dengan perkiraan pasar untuk kenaikan 1,8%.

Belanja modal tumbuh 4,5%, menandai peningkatan pertama dalam tiga kuartal, data menunjukkan.

Baca Juga: China menciptakan tentara super, tahan sakit, dan tak kenal rasa takut

Ekonomi Jepang secara bertahap bangkit dari keadaan awal pembatasan darurat tahun lalu berkat peningkatan ekspor.

Tetapi keputusan pemerintah untuk menerapkan pembatasan baru mulai Januari telah meningkatkan kemungkinan resesi lagi, mengaburkan prospek pemulihan yang rapuh.

Selanjutnya: Bahas dampak ekonomi dari pandemi, negara anggota G7 gelar pertemuan online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×