kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemkab Sleman siapkan barak Gayam untuk mengantisipasi pengungsi Merapi


Sabtu, 14 November 2020 / 15:05 WIB
Pemkab Sleman siapkan barak Gayam untuk mengantisipasi pengungsi Merapi

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Pemerintah Kabupaten Sleman menyiapkan sejumlah tempat pengungsian untuk mengantisipsai jika ada penambahan jumlah pengungsi. Salah satu lokasi yang disiapkan adalah barak pengungsian Gayam, Argomulyo, Cangkringan Sleman.

Camat Cangkringan Suparmono mengatakan barak Gayam sudah siap untuk digunakan. "Jadi selain yang di Glagaharjo, kami juga menyiapkan yang di Gayam," ujar Suparmono, Jumat (13/12). 

Barak pengungsian ini mampu menampung 350 orang. "Jadi sudah disekat-sekat dan mampu menampung 350 pengungsi. Ada yang di SD, ada yang di SMP," ungkap dia.

Selain itu, ada rumah warga di Gayam yang diperbolehkan untuk tempat pengungsian. Total ada tiga rumah yang diperbolehkan oleh pemiliknya. Sehingga ketika barak pengungsian Glagaharjo penuh, maka akan menggunakan barak pengungsian di Gayam.

Baca Juga: Aceh gempa magnitudo 5,3 dini hari tadi, begini penjelasan BMKG

Menurut Suparmono, persiapan barak pengungsian Gayam merupakan salah satunya upaya untuk mengantisipasi skenario potensi ancaman Gunung Merapi sejauh 9 km. "Di antaranya itu (mengantisipasi skenario potensi ancaman Gunung Merapi sejauh 9 km). Jadi di sini, kemudian barak Gayam, nanti kalau penuh lagi yang dari Glagaharjo ini larinya ke barak yang di Ngemplak," imbuh dia.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman Joko Supriyanto menambahkan, konsep barak pengungsian di Gayam juga telah menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, sekat-sekat yang dipasang lebih tinggi. "Sekatnya lebih tinggi, 160 cm. Ya sekat-sekat itu supaya meminimalisir terjadinya penularan Covid-19 di pengungsian," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Antisipasi Penambahan Pengungsi Merapi, Pemkab Sleman Siapkan Barak Gayam.
Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor: Dony Aprian

Baca Juga: Identifikasi posisi terhadap KRB Gunung Merapi, begini caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×