kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jeff Bezos memberikan sumbangan amal Rp 140 triliun untuk perangi perubahan iklim


Rabu, 06 Januari 2021 / 18:05 WIB
Jeff Bezos memberikan sumbangan amal Rp 140 triliun untuk perangi perubahan iklim

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Orang terkaya dunia Jeff Bezos memberikan sumbangan amal terbesar di dunia pada tahun 2020. Menurut daftar sumbangan terbesar tahunan The Chronicle of Philanthropy, Bezos memberikan US$ 10 miliar atau setara Rp 140 triliun (kurs Rp 14.000) untuk sumbangan membantu memerangi perubahan iklim.

Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos merupakan orang terkaya di dunia menurut majalah Forbes. Bezos diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$ 188 miliar dan menggunakan sebagian kekayaan itu untuk berkontribusi dalam meluncurkan Bezos Earth Fund miliknya.

Mengutip, Alarabiya.net, Rabu (6/1), dana jumbo yang diberikan Bezos tersebut akan digunakan untuk mendukung organisasi nirlaba yang terlibat dalam krisis iklim, sejauh ini Bezos telah membayar sebesar US$ 790 juta kepada 16 kelompok, menurut Chronicle.

Di luar sumbangan Bezos itu, sejumlah miliarder lainnya juga memberikan sumbangan amal tahun lalu. Total nilai jumlah donasi dari 10 terbesar tahun lalu mencapai US$ 2,6 miliar, dan merupakan terendah sejak 2011. Bahkan ketika banyak miliarder mencatat kenaikan kekayaan yang drastis dalam reli pasar saham, yang melambungan saham perusahaan teknologi mereka.

Baca Juga: Jeff Bezos selalu menyisihkan waktu untuk melakukan hal sederhana ini

Menurut orang Amerika yang berhaluan kiri untuk Keadilan Pajak dan Institute for Policy Studies, dari 18 Maret hingga 7 Desember 2020, kekayaan Bezos melonjak 63% dari US$ 113 miliar menjadi US$ 184 miliar.

Phil Knight, bersama istrinya, Penny tercatat memberikan sumbangan terbesar kedua dan ketiga tahun lalu menurut Chronicle. Mereka juga mencatat kenaikan kekayaannya sekitar 77% selama periode Maret-hingga-Desember yang sama. Knight dan istrinya memberikan lebih dari US$ 900 juta kepada Knight Foundation dan US$ 300 juta untuk University of Oregon.

Fred Kummer, pendiri perusahaan konstruksi HBE Corporation, dan istrinya, Juni, memberikan sumbangan US$ 300 untuk mendirikan yayasan untuk mendukung program di Universitas Sains dan Teknologi Missouri.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, mengirimkan donasi terbesar keempat dalam daftar Chronicle: Hadiah US$ 250 juta kepada Center for Tech and Civic Life, yang menangani masalah keamanan pemungutan suara pada pemilu 2020.

Baca Juga: CEO Amazon, Jeff Bezos, percaya dengan nasihat Warren Buffett ini

Zuckerberg, yang kekayaannya naik hampir dua kali lipat menjadi US$ 105 miliar pada periode Maret-hingga-Desember menurut American for Tax Fairness dan Institute for Policy Studies, telah banyak dikritik dan dipanggil untuk bersaksi di depan Kongres atas penanganan disinformasi perusahaannya dalam persiapan pemilihan presiden 2020.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×