kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah daya tampung UGM di tiga jalur seleksi PMB 2021


Kamis, 28 Januari 2021 / 04:05 WIB
Inilah daya tampung UGM di tiga jalur seleksi PMB 2021

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Universitas Gadjah Mada atau UGM sudah lama menjadi incaran siswa yang ingin melanjutkan kuliah. Kualitas dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah tidak diragukan lagi. 

Sama seperti PTN lainnya, UGM tahun ini membuka tiga jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau PMB. Ketiga jalur tersebut adalah SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), serta seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UGM.

Registrasi akun LTMPT jalur SNMPTN sendiri sudah dibuka sejak 4 Januari 2021 lalu dan akan ditutup pada 1 Februari 2021. 

Baca Juga: STAN resmi gunakan nilai UTBK untuk SPMB 2021, simak informasinya

Daya tampung di UGM

Wakil rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno, melansir dari laman resmi UGM, mengatakan jika UGM siap menerima lebih dari 9.000 mahasiswa baru program sarjana dan sarjana terapan (26/1/2021). 

Jumlah ini tentu dari peserta yang lulus seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri. 

“Tahun ini kami di UGM ada kebijakan baru terkait persentase daya tampung, untuk SNMPTN sebesar 25 persen, SBMPTN 35 persen, dan seleksi mandiri sebesar 40 persen,” terang Djagal. 

Peserta seleksi SNMPTN bisa melampirkan sertifikat prestasi atau portofolio yang bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan siswa yang diterima di UGM. 

Prestasi tersebut tidak harus di bidang yang linier atau sama dengan jurusan yang didaftar. 

“Tidak perlu ada kecocokan antara prestasi dengan prodi yang diinginkan. Misalkan adik-adik memiliki prestasi olimpiade fisika tetapi mau masuk di kedokteran, akan tetap kami pertimbangkan,” ucap Djagal.

Siswa lulus SNMPTN tidak bisa daftar jalur lainnya

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peserta SNMPTN 2021 yang dinyatakan lulus tidak bisa lagi mendaftar UTBK-SBMPTN 2021. 

Karena tidak bisa mengikuti UTBK, siswa juga tidak bisa mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan yang telah bekerjasama dengan LTMPT seperti contohnya STAN.

Informasi ini disampaikan oleh Ketua LTMPT, Prof. Nasih, pada peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 (4/1). 

"Karena kedinasan sudah meminta data dari LTMPT, dan di dalam sistem juga tidak memungkinkan mereka (peserta SNMPTN) yang sudah diterima mengikuti tes lagi, tentu berakibat tidak ada nilai UTBK yang bisa dikirimkan untuk yang bersangkutan ke sekolah kedinasan," jelas Prof. Nasih. 

Dia menghimbau agar siswa yang ingin mendaftar sekolah kedinasan atau ke luar negeri tidak mengikuti SNMPTN. 

Prof. Nasih juga menambahkan berharap SNMPTN diikuti oleh peserta yang benar-benar ingin mendaftar sesuai jurusan yang diinginkan.

Selanjutnya: Hati-hati pilih jurusan, jika lulus SNMPTN tidak bisa lagi daftar jalur lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×