kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apple mulai uji coba desain iPhone lipat, kapan diproduksi?


Selasa, 17 November 2020 / 19:00 WIB
Apple mulai uji coba desain iPhone lipat, kapan diproduksi?

Sumber: GSM Arena | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak mau kalah dengan para rivalnya, Apple kini disebut semakin dekat dengan produksi iPhone lipat. Rumor mengenai iPhone dengan layar lipat ini sebenarnya telah beredar cukup lama, setidaknya setelah Samsung Merilis Galaxy Fold tahun lalu.

Dalam waktu satu tahun terakhir bahkan Apple telah mendaftarkan beberapa hak paten untuk desain dan teknologi layar lipat yang mereka buat sendiri.

Laporan terbaru dari Economic Daily menyebutkan bahwa Apple sedang mengirim sampel iPhone lipat dari pemasok China termasuk Foxconn dan New Nikko.

Desain konsep iPhone dengan layar lipat

Untuk saat ini Apple dikabarkan sedang mengevaluasi apakah akan menggunakan layar OLED atau microLED untuk perangkat iPhone lipat mereka.

Pemilihan panel layar tersebut memang jadi kunci keberhasilan teknologi ini. Panel OLED cenderung lebih fleksibel. Di sisi lain, microLED adalah teknologi tampilan baru yang menawarkan kecerahan, saturasi, dan efisiensi daya yang lebih tinggi.

Baca Juga: Tertinggi sepanjang masa, Samsung catat 72,3% pangsa pasar smartphone Korea Selatan

Sampai panel layar ditentukan, Apple disebut-sebut sedang memasuki tahap pengujian komponen pendukung lain seperti bagian engsel yang juga sangat rawan.

GSM Arena melaporkan bahwa Samsung akan jadi pemasok layar, sementara komponen engsel sebagian besar berasal dari New Nikko dan akan dirakit oleh Foxconn.

Komponen engsel tersebut nantinya akan diuji dengan dilipat lebih dari 100.000 kali oleh New Nikko, produsen yang juga bekerja sama dengan Apple untuk memproduksi engsel untuk MacBook.

Terakhir, Apple dilaporkan menargetkan peluncuran pada September 2022 untuk iPhone lipat baru. Perlu diingat, kabar tersebut masih berupa rumor yang dihimpun beberapa pihak dari sejumlah rantai produksi Apple. Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Selanjutnya: Penilaian DxOMark: iPhone 12 Pro Max jadi iPhone dengan kamera terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×