kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksin Covid-19 Pfizer ditargetkan dapat persetujuan dari Kanada bulan depan


Jumat, 27 November 2020 / 12:10 WIB
Vaksin Covid-19 Pfizer ditargetkan dapat persetujuan dari Kanada bulan depan

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  OTTAWA. Kanada diharapkan dapat memberikan persetujuan untuk vaksin Covid-19 milik Pfizer pada Desember mendatang. Penasihat Medis Senior Health Canada Supriya Sharma mengungkapkan, persetujuan vaksin akan keluar sekitar bulan depan, kira-kira pada waktu yang sama dengan persetujuan dari Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa. 

Health Canada, yang merupakan regulator obat Kanada,  telah mengatakan sebelumnya bahwa persetujuan kemungkinan akan datang lebih awal yakni di kuartal pertama tahun depan. Tetapi kini proses peninjauan dipercepat, dan sangat mirip dengan yang ada di AS.

Vaksin Pfizer dan BioNTech adalah yang paling maju dalam tinjauan Health Canada. 

Saat ditanya apakah ada warga Kanada yang dapat menerima suntikan sebelum akhir tahun, Sharma masih enggan menjawab. Dia hanya bilang bahwa sangat sulit menentukan tanggal karena pada saat yang sama ada banyak tinjauan yang diperlukan seperti regulasi, manufaktur, distribusi. 

Baca Juga: Produsen sarung tangan medis terbesar dunia jadi episentrum Covid-19 di Malaysia

"Saya pikir jadwal otorisasi umum sekitar Desember, dan pengiriman pada Januari, dan pengiriman pada Januari adalah (perkiraan) terbaik yang dapat kami berikan saat ini," jelas dia.

Kanada melihat data yang sama dengan regulator di AS dan Uni Eropa, dan memiliki sistem otorisasi serupa untuk digunakan selama keadaan darurat kesehatan masyarakat, kata Sharma.

"Cara peninjauan tersebut berkembang adalah bahwa kami mengharapkan untuk membuat keputusan akhir tentang vaksin tersebut sekitar waktu yang sama dengan FDA AS dan Badan Obat Eropa," lanjut dia.

European Medicines Agency "sangat berharap" dapat memberikan opini ilmiah yang positif sebelum Natal, direktur eksekutifnya mengatakan pada hari Rabu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) akan mengadakan pertemuan pada 10 Desember, di mana para anggota akan membahas vaksin Pfizer. 

Badan tersebut menolak minggu lalu untuk memprediksi berapa lama peninjauannya akan berlangsung, tetapi Pfizer dan Menteri Kesehatan AS Alex Azar mengatakan FDA dapat mengesahkan vaksin pada pertengahan Desember.

Selanjutnya: AstraZeneca berencana kembali lakukan uji coba global vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×